Eksposisi Surat Yakobus 2
EXPOSISI
SURAT YAKOBUS Pasal 2
Kebanyakan orang membaca surat Yakobus terutama di
bagian ayat ini :
Yakobus 2:17 (TB)
Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada
hakekatnya adalah mati.
James 2:17 (NKJV)
Thus also faith by itself, if it does not have works, is dead.
Kemudian di tarik suatu kesimpulan sederhana bahwa Tanpa ada nya
perbuatan maka Iman itu akan mati, termasuk di dalam nya adalah iman
keselamatan.
Sebab jika benar demikian tentu nya ayat surat yakobus
ini akan sangat langsung bertabrakan dengan :
Efesus 2:8 (TB)
Sebab
karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu,
tetapi
pemberian Allah,
Jadi
bagaimana sebenar nya kita bisa membaca surat yakobus ini dalam konteks dan
paradigm yang benar ???
Mari kita mulai…
Yakobus 2:1 (TB)
Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus,
Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.
Yakobus 2:2 (TB)
Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin
emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian
buruk,
Yakobus 2:3 (TB)
dan kamu
menghormati orang yang berpakaian indah itu
dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!",
sedang kepada
orang yang miskin itu kamu berkata:
"Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat
tumpuan kakiku!",
Yakobus 2:4 (TB)
bukankah
kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu
dan bertindak
sebagai hakim dengan pikiran yang jahat?
Yakobus 2:5 (TB)
Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih
orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman
dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa
yang mengasihi Dia?
Yakobus 2:6 (TB)
Tetapi
kamu telah menghinakan orang-orang miskin. Bukankah justru
orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan?
Yakobus 2:7 (TB)
Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu
menjadi milik Allah?
Yakobus 2:8 (TB)
Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam
Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu
berbuat baik.
Yakobus 2:9 (TB)
Tetapi, jikalau
kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata,
bahwa kamu
melakukan pelanggaran.
Jadi kalo kita baca surat yakobus ini mulai ayat
pertama maka akan nampak bahwa surat yakobus pasal 2 ini tidak bicara dalam konteks keselamatan melainkan dalam konteks bagaimana memperlakukan sesame
jemaat.
Sekarang yang menarik adalah saat membaca Surat
Yakobus 2 : 9
Yakobus 2:9 (TB)
Tetapi, jikalau
kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata,
bahwa kamu melakukan
pelanggaran.
Pertanyaan yang timbul adalah apakah saat kita melakukan dosa dengan jenis ini maka secara otomatis akan bisa mempengaruhi status keselamatan yang kita miliki saat ini ???
1 Yohanes 5:16 (TB)
Kalau
ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut,
hendaklah ia
berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang
berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang
mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
1 Yohanes 5:17 (TB)
Semua
kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.
Memperlakukan
orang secara ngga layak dalam artian membedakan perlakuan seperti yang sudah di
jabarkan dari Yakobus 2 ayat 2 - 6 itu memang salah
Salah
itu pasti dosa tapi status
dosa nya tidak cukup kuat untuk membuat status keselamatan nya berubah.
Maka nya untuk jenis dosa semacam ini masuk kategori sin not
leading to death
Masuk akal khan... dan keadilan tetap terjaga..
Perbuatan
nya tidak di benarkan... tetap masuk kriteria berdosa
Tapi
keadilan Allah juga ikut di tegakan dalam artian dosa yang tidak membawa maut
sehingga tidak cukup kuat untuk mengugurkan maha karya keselamatan Allah di
atas salib oleh Yesus.
Sekarang
menjadi pertanyaan berikut nya adalah….
Lhoo orang bisa ngaku nya BERIMAN namun BERIMAN
bagaimana yang bisa tidak ikut di gugurkan status keselamatan nya ???
Yohanes 6:39 (TB)
Dan inilah
kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya
kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.
Yohanes 6:40 (TB)
Sebab inilah
kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya
kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir
zaman."
Jadi
kriteria beriman nya dalam ranah keselamatan adalah beriman
kepada Yesus Kristus.
Next….
Yakobus 2:22 (TB)
Kamu
lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan
dan oleh
perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.
Lalu
pertanyaan nya.. apakah Perbuataan yang lebih besar atau lebih penting dari
iman.. ???
Jika ya benar demikian.. maka dalam hal apa kok seolah olah iman
bisa di kalahkan dengan perbuataan.. ???
Yakobus 2:23 (TB)
Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah,
maka Allah
memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena
itu Abraham disebut: "Sahabat Allah."
Ternyata
perbuataan yang di maksud tidak lain.. tidak bukan cuman sekedar Abraham
percaya kepada Allah
Perhatikan...
sebatas.. Abraham
percaya kepada Allah
Jadi
percaya.. sekedar percaya itu yang di maksud dengan perbuataan di mata Allah
Lalu kalimat berikut nya.. Maka Allah MEMPERHITUNGKAN itu sebagai SUATU
KEBENARAN
Sebentar...
mari kita mundur sejenak untuk lebih memahami situasi ini dengan lebih baik…
Abraham
sekedar percaya kepada Allah
Lalu Allah menganggap percaya itu sebagai suatu perbuataan
Dan lebih lanjut Allah MEMPERHITUNGKAN itu sebagai
suatu KEBENARAN
Berarti dapat di tarik suatu kesimpulan sederhana..
Percaya
kepada Allah di anggap sebagai suatu perbuataan dan sekedar percaya saja
Allah MEMPERHITUNGKAN kepercayaan ini sebagai suatu KEBENARAN
Maka dengan memahami ayat 22 - 23 sekarang kita bisa punya pandangan lebih baik untuk memahami ayat ini..
Yakobus 2:24 (TB)
Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya
dan bukan hanya karena iman.
Jadi
kata perbuatan di ayat 24 tidak boleh dilepas khan dari penjabaran ayat 22 dan
23 soal definisi perbuatan
Dan
ngga boleh kata perbuataan di ayat 24 di maknai sebagai perbuataan pada umum
nya
Dan hal ini di buktikan dengan terjemahan english nya.
James 2:24 (NKJV)
You see then that a man is justified by works, and not by faith only.
NIV 24 : You see that a person is justified by what he does and not by faith alone.
24 You see that a man (believer) is justified by
works and not by faith alone [that
is, by acts of obedience a born-again believer reveals his faith]
Perhatikan baik NKJV maupun AMP sama menggunakan justified by works
Kata
works di pilih dan bukan memilih kata doing ??
Sebab works nya di sini lebih menunjuk
ke arah sekedar percaya.
Sekarang
mari kita buktikan apakah benar kata works sekedar menunjuk kepada PERCAYA
kepada apa yang dikatakan Allah ???
Kejadian 15:3 (TB)
Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan
kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli
warisku."
Kejadian 15:4 (TB)
Tetapi datanglah
firman TUHAN kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu,
melainkan
anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu."
Kejadian 15:5 (TB)
Lalu TUHAN
membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit,
hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka
firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."
Dan puncak nya adalah..
Kejadian 15:6 (TB)
Lalu
percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya
sebagai kebenaran.
Jadi
kepercayaan Abraham kepada Allah bahwa Allah sanggup memberi keturunan
Dan keturunan nya itu ngga cuman 1 atau 2 melainkan
keturunan nya akan sak arat arat banyak nya….
Termasuk di dalam nya sak arat arat
juga masalah nya…
Yakobus 2:21 (TB) Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?
Khan
bener kata perbuataan di sini bukan menunjuk kepada sesuatu yang bersifat doing
Atau minimal ada ing nya menunjukan perbuataan itu sedang berlangsung
dan Perbuataan di sini menunjuk kepada kata works dimana timbul
saat Abraham mendengarkan janji Allah dan ia menjadi
percaya
Comments
Post a Comment