Apa Yang Di Maksud Dengan Dosa yang Mendatangkan Maut… ???

 Namun di sisi lain


Ada Dosa yang Tidak Mendatangkan Maut

( Exposisi 1 Yohanes 5 Verse 16 – 17 )

 

 

1 Yohanes 5:16 (TB)  Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.

1 John 5:16 (NKJV)  If anyone sees his brother sinning a sin which does not lead to death, he will ask, and He will give him life for those who commit sin not leading to death. There is sin leading to death. I do not say that he should pray about that.

ΙΩΑΝΝΟΥ Α 5:16 (GB)  εαν (if) τις (anyone) ιδη (should see) τον (the) αδελφον (brother) αυτου (of him) αμαρτανοντα (sinning) αμαρτιαν (a sin) μη (not) προς (unto) θανατον (death) αιτησει (he shall ask) και (and) δωσει (He will give) αυτω (him) ζωην (life) τοις (to those) αμαρτανουσιν (sinning) μη (not) προς (unto) θανατον (death) εστιν (there is) αμαρτια ( a sin) προς (unto) θανατον (death) ου (not) περι (concerning) εκεινης (that) λεγω (do I say) ινα (that) ερωτηση ( he should implore)

 

Pertama saya ingin mulai dari pemahaman kalimat hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut.

 

John Stott (Tyndale)

 “The assurance of eternal life which the Christian should enjoy (13) ought not to lead him into a preoccupation with himself to the neglect of others. ... ‘if any man see his brother sin.’ He cannot say ‘am I my brother’s keeper?’ and do nothing”

[= Keyakinan tentang hidup kekal yang dinikmati orang Kristen (ay 13) seharusnya tidak membimbing dia ke dalam suatu keasyikan dengan dirinya sendiri sehingga mengabaikan / melalaikan orang-orang lain. ... ‘Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa’. Ia tidak bisa berkata ‘Akukah penjaga saudaraku?’ dan tidak melakukan apa-apa]

- hal 186.

 

Herschel H. Hobbs mengatakan bahwa orang Kristen mempunyai kewajiban berdoa untuk sesamanya.

 

Kata ‘Saudaranya’   

I. Howard Marshall (hal 246, footnote) mengatakan bahwa ‘saudara’ pasti menunjuk kepada orang dalam gereja.

 

Albert Barnes mengatakan bahwa kata ‘saudara’ bisa menunjuk kepada seseorang di gereja, baik di gereja kita sendiri maupun gereja lain. Tetapi kata itu juga bisa digunakan dalam arti yang lebih luas untuk menunjuk kepada sesama manusia kita, seorang anggota dari umat manusia. Dan dalam text ini tidak ada petunjuk untuk membatasi kata ‘saudara’ ini sehingga hanya menunjuk kepada orang Kristen saja.

Karena itu, kita wajib berdoa bukan hanya untuk orang-orang kristen saja, tetapi juga untuk orang-orang non kristen, supaya mereka bisa diselamatkan.

 

John Stott mengatakan bahwa orang itu pasti bukan orang kristen yang sejati, karena bagaimana bisa memberikan hidup kepada orang Kristen sejati (ay 16b), yang seharusnya sudah hidup? Jadi, kata ‘saudara’ di sini digunakan dalam arti yang lebih luas, bukan dalam arti ‘saudara seiman’.

 

Dalam point ini saya lebih setuju dengan penjabaran John Stott

 

 

Sekarang kata ‘Berbuat dosa’

.

1.     Berdoa untuk orang sakit dan berdoa untuk orang yang berbuat dosa.

Kalau ada orang sakit, biasanya kita lebih mempunyai kecenderungan untuk mendoakannya dari pada kalau ada orang berbuat dosa! Padahal sebetulnya dosa, yang merupakan penyakit rohani, merupakan sesuatu yang jauh lebih berbahaya dari pada sekedar suatu penyakit jasmani. Jadi, seharusnya kita mengubah pola pikir / kebiasaan kita dalam hal seperti ini. Kita harus mempunyai kecenderungan untuk lebih mendoakan orang-orang yang berbuat dosa / belum diselamatkan dan sebagainya.

 

2.     Kecenderungan lain yang juga salah pada waktu mengetahui ada orang yang berbuat dosa, adalah membuat gossip tentang dia.

Herschel H. Hobbs mengatakan: dari pada membuat gosip tentang orang lain yang berbuat dosa, lebih baik kita mendoakannya.

 

3.     Pada waktu kita mendoakan seseorang yang berbuat dosa, orang itu diampuni atau tidak, tergantung dari sikap dari orang yang berbuat dosa itu.

Tuhan tentu tidak akan mengampuni dosa orang itu hanya karena doa kita, kalau orang itu tidak bertobat / percaya kepada Kristus. Tetapi doa kita bisa dijawab oleh Tuhan dengan mempertobatkan orang itu, atau membuat orang itu percaya kepada Kristus.

 

Sekarang kita kembali dulu kepada ayat 16 sebagai berikut ini :

 

1 Yohanes 5:16 (TB)  Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.

1 John 5:16 (NKJV)  If anyone sees his brother sinning a sin which does not lead to death, he will ask, and He will give him life for those who commit sin not leading to death. There is sin leading to death. I do not say that he should pray about that.

 

Perhatikan saya membedakan warna hijau untuk kalimat dosa yang tidak mendatangkan maut. Dan warna merah untuk kalimat Ada dosa yang mendatangkan maut

 

Dan kalimat ini nanti nya akan terkait erat dengan ayat 17 sebagai berikut ini :

 

1 Yohanes 5:17 (TB)  Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.

1 John 5:17 (NKJV)  All unrighteousness is sin, and there is sin not leading to death.

ΙΩΑΝΝΟΥ Α 5:17 (GB)  πασα (all) αδικια (unrighteousness) αμαρτια (sin) εστιν (is) και (and) εστιν (there is) αμαρτια (sin) ου (not) προς (unto) θανατον (death)

 

Supaya lebih luas, saya akan memberikan perbandingan terjemahan sebagai berikut ini :

 

ESV  1 John 5:17 All wrongdoing ( tindakan salah ) is sin, but there is sin that does not lead to death.

RSV  1 John 5:17 All wrongdoing ( tindakan salah )  is sin, but there is sin which is not mortal.

MRD  1 John 5:17 For all iniquity ( semua kejahatan ) is sin; and there is a sin which is not of death.

 

Jadi dari sini harus nya kita bisa memperoleh gambaran bahwa ada banyak macam dosa namun ada dosa yang tidak mendatangkan maut karena wrongdoing

 

Ini akan sejalan dengan perkataan Tuhan Yesus dalam :

 

Markus 3:28 (TB)  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan.

Mark 3:28 (NKJV)  "Assuredly, I say to you, all sins will be forgiven the sons of men, and whatever blasphemies they may utter;

ΜΑΡΚΟΝ 3:28 (GB)  αμην (truly) λεγω (I say) υμιν (to you) οτι (that) παντα (all) αφεθησεται (will be forgiven) τα αμαρτηματα τοις υιοις των ανθρωπων και βλασφημιαι οσας αν βλασφημησωσιν

 

Sehingga dapat di simpulkan bahwa apapun dosa… seberat bagaimana pun dosa.. semua bisa di ampuni

 

Namun….

 

Jangan lupa ada kalimat There is sin leading to death = Ada dosa yang mendatangkan maut (εστιν (there is) αμαρτια ( a sin) προς (unto) θανατον (death)

 

Jadi dosa yang bagaimana yang mendatangkan maut tersebut ???

 

Markus 3:29 (TB)  Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."

Mark 3:29 (NKJV)  but he who blasphemes against the Holy Spirit never has forgiveness, but is subject to eternal condemnation"-–

ΜΑΡΚΟΝ 3:29 (GB)  ος (whoever) δ (however) αν βλασφημηση (shall blaspheme) εις (against) το (the) πνευμα (Spirit) το αγιον (Holy) ουκ (not) εχει (has) αφεσιν (forgiveness) εις  (to) τον (the) αιωνα (age) αλλ (but) ενοχος (quilty) εστιν (is) αιωνιου (eternal) κρισεως (sin)

 

Dan yang di maksud dengan kalimat menghujat Roh Kudus lebih menunjuk kepada ayat ayat berikut ini :

 

1 Korintus 12:3 (TB)  Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

1 Corinthians 12:3 (NKJV)  Therefore I make known to you that no one speaking by the Spirit of God calls Jesus accursed, and no one can say that Jesus is Lord except by the Holy Spirit.

 

 

Yohanes 16:8 (TB)  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosakebenaran dan penghakiman;

John 16:8 (NKJV)  And when He has comeHe will convict the world of sin, and of righteousness, and of judgment:

 ΙΩΑΝΝΗΝ     16:8 (GB)  και ελθων εκεινος ελεγξει τον κοσμον περι αμαρτιας και περι δικαιοσυνης και περι κρισεως

 

Yang kadang lupa di perhatikan itu adalah kalimat 𝗸𝗮𝗹𝗮𝘂 𝗜𝗮 𝗱𝗮𝘁𝗮𝗻𝗴 maka ada 3 efek yang akan terjadi yaitu :

 

1. 𝙄𝙖 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙞𝙣𝙨𝙖𝙛𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙪𝙣𝙞𝙖 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙤𝙨𝙖

2. Menuntun ke dalam 𝙠𝙚𝙗𝙚𝙣𝙖𝙧𝙖𝙣

3. 𝙥𝙚𝙣𝙜𝙝𝙖𝙠𝙞𝙢𝙖𝙣;

Saudara bisa baca lebih detail bagian ini di link berikut ini :

 

https://kliniktheology.blogspot.com/2025/01/bagaimana-sseorang-kok-bisa-menjadi.html

 

Jadi dapat di simpulkan bahwa kalimat menghujat Roh itu sangat erat hubungan nya dengan kalimat tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

 

Arti sederhana nya adalah orang itu menolak Maha Karya Keselamatan Yang Allah Kerjakan di atas Salib lewat Yesus Kristus


Comments

Popular posts from this blog

Keilahian Yesus Kristus

Bagaimana Seorang Kok Bisa Menjadi Percaya Kepada Kristus ???

Benarkah Ada Penginjilan Untuk Orang Mati ??? ( Eksposisi 1 Peter 3 Verse 19 - 20 )