Apa Yang Di Maksud Dengan Dosa yang Mendatangkan Maut… ???
Namun di sisi lain
Ada Dosa yang Tidak Mendatangkan Maut
( Exposisi 1 Yohanes 5 Verse 16 – 17 )
1 Yohanes 5:16 (TB) Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat
dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah
dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan
maut. Ada dosa yang mendatangkan
maut: tentang
itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
1 John 5:16 (NKJV) If anyone sees his brother sinning a sin which does not lead to death, he will ask, and He will give him life for those who commit sin not leading to death. There is sin leading to death. I do not say that he should pray about that.
ΙΩΑΝΝΟΥ Α 5:16 (GB) εαν (if) τις (anyone) ιδη (should see) τον (the) αδελφον (brother) αυτου (of him) αμαρτανοντα (sinning) αμαρτιαν (a sin) μη (not) προς (unto) θανατον (death) αιτησει (he shall ask) και (and) δωσει (He will give) αυτω (him) ζωην (life) τοις (to those) αμαρτανουσιν (sinning) μη (not) προς (unto) θανατον (death) εστιν (there is) αμαρτια ( a sin) προς (unto) θανατον (death) ου (not) περι (concerning) εκεινης (that) λεγω (do I say) ινα (that) ερωτηση ( he should implore)
Pertama saya ingin mulai dari
pemahaman kalimat hendaklah ia berdoa kepada Allah dan
Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu
mereka, yang berbuat dosa yang
tidak mendatangkan maut.
John Stott (Tyndale)
“The assurance of eternal life which the
Christian should enjoy (13) ought not to lead him into a preoccupation with
himself to the neglect of others. ... ‘if any man
see his brother sin.’
He cannot say ‘am I my brother’s keeper?’ and do nothing”
[= Keyakinan tentang hidup
kekal yang dinikmati orang Kristen (ay 13) seharusnya tidak membimbing dia ke
dalam suatu keasyikan dengan dirinya sendiri sehingga mengabaikan / melalaikan
orang-orang lain. ... ‘Kalau ada seorang melihat
saudaranya berbuat dosa’. Ia tidak bisa berkata ‘Akukah penjaga saudaraku?’ dan tidak melakukan apa-apa]
- hal 186.
Herschel H. Hobbs mengatakan bahwa orang Kristen
mempunyai kewajiban berdoa untuk sesamanya.
Kata ‘Saudaranya’
I. Howard Marshall (hal 246,
footnote) mengatakan bahwa
‘saudara’ pasti
menunjuk kepada orang dalam gereja.
Albert Barnes mengatakan bahwa kata ‘saudara’ bisa menunjuk kepada
seseorang di gereja, baik di gereja kita sendiri maupun gereja lain. Tetapi kata itu juga bisa digunakan dalam arti yang lebih
luas untuk menunjuk kepada sesama manusia kita, seorang anggota
dari umat manusia. Dan dalam text ini tidak ada petunjuk untuk membatasi kata
‘saudara’ ini sehingga hanya menunjuk kepada orang Kristen saja.
Karena itu, kita wajib
berdoa bukan hanya untuk orang-orang kristen saja, tetapi juga untuk
orang-orang non kristen, supaya mereka bisa diselamatkan.
John Stott mengatakan bahwa orang itu pasti bukan orang kristen
yang sejati, karena bagaimana bisa memberikan hidup kepada orang Kristen sejati
(ay 16b), yang seharusnya sudah hidup? Jadi, kata ‘saudara’ di sini digunakan dalam
arti yang lebih luas, bukan dalam
arti ‘saudara seiman’.
Dalam point ini saya lebih setuju dengan penjabaran John Stott
Sekarang kata ‘Berbuat dosa’
.
1. Berdoa
untuk orang sakit dan berdoa untuk orang yang berbuat dosa.
Kalau
ada orang sakit, biasanya kita lebih mempunyai kecenderungan untuk mendoakannya
dari pada kalau ada orang berbuat dosa! Padahal sebetulnya dosa, yang merupakan
penyakit rohani, merupakan sesuatu yang jauh lebih berbahaya dari pada sekedar
suatu penyakit jasmani. Jadi, seharusnya kita mengubah pola pikir
/ kebiasaan kita dalam hal seperti ini. Kita harus mempunyai kecenderungan untuk lebih mendoakan orang-orang
yang berbuat dosa / belum diselamatkan dan sebagainya.
2. Kecenderungan
lain yang juga salah pada waktu mengetahui ada orang yang berbuat dosa, adalah
membuat gossip tentang dia.
Herschel
H. Hobbs mengatakan: dari pada membuat gosip tentang orang lain yang berbuat
dosa, lebih baik kita mendoakannya.
3.
Pada waktu kita mendoakan seseorang yang
berbuat dosa, orang itu diampuni atau tidak, tergantung dari sikap dari orang yang
berbuat dosa itu.
Tuhan
tentu tidak akan mengampuni dosa orang itu hanya karena doa kita, kalau orang
itu tidak bertobat / percaya kepada Kristus. Tetapi doa kita bisa
dijawab oleh Tuhan dengan mempertobatkan orang itu, atau membuat orang itu
percaya kepada Kristus.
Sekarang
kita kembali dulu kepada ayat 16 sebagai berikut ini :
1 Yohanes 5:16 (TB) Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat
dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah
dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan
maut. Ada dosa yang mendatangkan
maut: tentang
itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
1 John 5:16 (NKJV) If anyone sees his brother sinning a sin which does not lead to death, he will ask, and He will give him life for those who commit sin not leading to death. There is sin leading to death. I do not say that he should pray about that.
Perhatikan
saya membedakan warna hijau
untuk kalimat dosa yang tidak mendatangkan maut. Dan warna merah untuk kalimat Ada dosa yang mendatangkan
maut
Dan
kalimat ini nanti nya akan terkait erat dengan ayat 17 sebagai berikut ini :
1 Yohanes 5:17 (TB) Semua kejahatan adalah
dosa, tetapi ada dosa
yang tidak mendatangkan maut.
1 John 5:17 (NKJV) All unrighteousness is sin, and there is sin not leading to
death.
ΙΩΑΝΝΟΥ Α 5:17 (GB) πασα
(all) αδικια (unrighteousness) αμαρτια (sin) εστιν (is) και (and) εστιν (there is) αμαρτια (sin) ου (not) προς (unto) θανατον (death)
Supaya
lebih luas, saya akan memberikan perbandingan terjemahan sebagai berikut ini :
ESV 1 John 5:17 All wrongdoing (
tindakan salah ) is sin, but there is sin
that does not lead to death.
RSV 1 John 5:17 All wrongdoing ( tindakan
salah ) is sin, but there is sin which is not mortal.
MRD 1 John 5:17 For all iniquity (
semua kejahatan ) is sin; and there is a
sin which is not of death.
Jadi dari sini harus nya
kita bisa memperoleh gambaran bahwa ada banyak macam
dosa namun ada dosa yang tidak mendatangkan maut karena wrongdoing
Ini akan sejalan dengan
perkataan Tuhan Yesus dalam :
Markus 3:28 (TB) Aku
berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak
manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka
ucapkan.
Mark 3:28 (NKJV)
"Assuredly, I say to you, all sins will be
forgiven the sons of men, and whatever
blasphemies they may utter;
ΜΑΡΚΟΝ 3:28 (GB) αμην (truly) λεγω (I say) υμιν (to you) οτι (that) παντα (all) αφεθησεται (will be forgiven) τα
αμαρτηματα τοις υιοις των ανθρωπων και βλασφημιαι οσας
αν βλασφημησωσιν
Sehingga dapat di simpulkan bahwa apapun dosa… seberat bagaimana
pun dosa.. semua bisa di ampuni
Namun….
Jangan lupa
ada kalimat There is sin
leading to death = Ada dosa yang mendatangkan maut (εστιν (there is) αμαρτια ( a sin) προς (unto) θανατον (death)
Jadi dosa yang bagaimana yang mendatangkan maut tersebut ???
Markus
3:29 (TB) Tetapi apabila seorang menghujat Roh
Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya,
melainkan bersalah karena
berbuat dosa kekal."
Mark 3:29 (NKJV) but he who blasphemes against the Holy Spirit never has forgiveness,
but is subject to eternal
condemnation"-–
ΜΑΡΚΟΝ
3:29 (GB) ος (whoever) δ (however) αν βλασφημηση (shall
blaspheme) εις (against) το (the) πνευμα (Spirit) το αγιον (Holy) ουκ (not) εχει (has) αφεσιν (forgiveness) εις (to) τον (the) αιωνα (age) αλλ (but) ενοχος
(quilty) εστιν (is) αιωνιου
(eternal) κρισεως (sin)
Dan yang
di maksud dengan kalimat menghujat Roh Kudus lebih menunjuk kepada ayat ayat
berikut ini :
1
Korintus 12:3 (TB) Karena itu aku mau
meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah,
dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang
pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
1
Corinthians 12:3 (NKJV) Therefore I make
known to you that no one speaking by the Spirit of God calls Jesus accursed,
and no one can say that Jesus is Lord except by the Holy Spirit.
Yohanes 16:8
(TB) Dan kalau
Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
John 16:8
(NKJV) And when He has come, He
will convict the world of sin, and of
righteousness, and of judgment:
ΙΩΑΝΝΗΝ 16:8
(GB) και ελθων εκεινος ελεγξει τον κοσμον περι αμαρτιας και περι δικαιοσυνης και περι κρισεως
Yang kadang lupa di
perhatikan itu adalah kalimat 𝗸𝗮𝗹𝗮𝘂 𝗜𝗮 𝗱𝗮𝘁𝗮𝗻𝗴 maka ada 3 efek yang akan terjadi yaitu :
1. 𝙄𝙖 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙞𝙣𝙨𝙖𝙛𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙪𝙣𝙞𝙖 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙤𝙨𝙖
2. Menuntun ke
dalam 𝙠𝙚𝙗𝙚𝙣𝙖𝙧𝙖𝙣
3. 𝙥𝙚𝙣𝙜𝙝𝙖𝙠𝙞𝙢𝙖𝙣;
Saudara
bisa baca lebih detail bagian ini di link berikut ini :
https://kliniktheology.blogspot.com/2025/01/bagaimana-sseorang-kok-bisa-menjadi.html
Jadi
dapat di simpulkan bahwa kalimat menghujat Roh itu sangat erat hubungan nya dengan kalimat tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus
adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
Arti
sederhana nya adalah orang itu menolak Maha Karya
Keselamatan Yang Allah Kerjakan di atas Salib lewat Yesus Kristus
Comments
Post a Comment