Eksposisi John 13 Verse 1 - 10
Apakah
Sesudah Penebusan
Manusia Masi Bisa Berdosa ???
Atau..
Masi bisa melakukan dosa namun tidak
tinggal di dalam dosa itu
Yang Mana
yang Terjadi Pada Kita Sebenar nya.. ???
Eksposisi John 13 Verse 1 - 10
Ada Video yang mencantum Pak Jimmy
Pardede sambil menarasikan Kata nya Sesudah Di Tebus Kok Masi Bisa Dosa… ??? umat yang membingungkan…
Dari narasi nya sudah keliatan
nya ini merupakan kiriman dari toko yang sebelah mana tentu nya…
Yang harus di pahami bahwa point yang di
sorotiin itu mengangkat topik tidak membayar persepuluhan masuk kategori
berdosa. Namun sebenar nya serangan sesungguh nya adalah hendak
mengatakan bagaimana mungkin jika sudah mengalami penebusan, mengapa masi
bisa berdosa ???
Untuk membahas hal ini saya tertarik
dengan peristiwa Yesus membasuh kaki para murid
Mari kita mulai…
Yohanes 13:1 (TB) Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya
sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa
mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
John 13:1 (NKJV) Now before the feast of the Passover, when Jesus knew that His hour had come that He should depart from this world to the Father, having loved His own who were in the world, He loved them to the end.
Perhatikan ada beberapa point yang
hendak di tekankan di ayat ini :
1.
Peristiwa
ini terjadi sebelum hari
raya Paskah mulai (before the feast of the Passover )
2.
Yesus telah tahu bahwa saat-Nya sudah
tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Dalam point ini jelas
menunjukan keilahian Kristus, sebab bagaimana
mungkin seorang manusia bisa mengetahui kapan saat nya sudah hampir tiba ???,
dan kalimat saat nya itu menunjuk kepada kondisi menjelang kematian Nya.
3.
Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya. Ini bicara tentang
kepastian akan keselamatan yang Yesus berikan kepada
semua orang yang percaya kepada Nya, dalam konteks ini menunjuk kepada para murid
saat itu, namun dalam konteks lebih luas menunjuk kepada semua
orang yang percaya kepada pemberitaan Injil.
Yohanes 13:2 (TB) Mereka sedang makan
bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot,
anak Simon, untuk
mengkhianati Dia.
John 13:2 (NKJV) And supper being ended, the devil having already put it into the heart of Judas Iscariot, Simon's son, to betray Him,
ΙΩΑΝΝΗΝ 13:2 (GB) και (and ) δειπνου (supper) γενομενου ( taking place) του διαβολου ηδη βεβληκοτος εις την καρδιαν ιουδα σιμωνος ισκαριωτου ινα αυτον παραδω
Sebenar nya bukan sesuatu
hal yang besar
namun terjemahan English lebih menyorotkan bahwa peristiwa ide
berkhianat secara gencar terjadi menjelang supper being ended.
Mulai dari ayat ke 3 saya akan
menggunakan terjemahan Indonesia saja dan akan menggunakan perbandingan antar
terjemahan jika merasa ada 1 ayat yang di rasa membutuhkan penjelasan secara
extra.
Yohanes 13:3 (TB) Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Yohanes 13:4 (TB) Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Yohanes 13:5 (TB) kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
Yohanes 13:6 (TB) Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?"
Yohanes 13:7 (TB) Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak."
Yohanes 13:8 (TB) Kata Petrus kepada-Nya: "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus: "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku."
Sampe di point ini saya mau mengajak
para pembaca untuk memperhatikan DIAGRAM berikut ini :
Point A adalah kondisi MANUSIA SEBELUM KEJATUHAN, di mana manusia bisa memilih untuk
tidak berdosa
atau berdosa
Point B adalah kondisi MANUSIA SETELAH
KEJATUHAN, semua
yang di lakukan dengan segala kesadaran nya hanya untuk menghasilkan dosa dan
tidak bisa dari dalam diri nya untuk mencari Allah.
Roma 3:10 (TB) seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar,
seorang pun tidak.
Romans 3:10 (NKJV) As it is written: "There is none righteous,
no, not one;
Roma 3:11 (TB) Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.
Romans 3:11 (NKJV) There is none who understands; There is none who seeks after God.
Point C adalah kondisi MANUSIA SETELAH
PENEBUSAN ( benar
benar menerima Maha Karya Allah di atas salib lewat Yesus Kristus ) maka kondisi nya di
kembalikan seperti Point A
sebelum MANUSIA SEBELUM KEJATUHAN
Point D adalah kondisi MANUSIA DI KEKEKALAN bersama dengan Allah, maka di kondisi ini MANUSIA
TIDAK BISA BERBUAT DOSA LAGI
Jadi dengan ada nya DIAGRAM tersebut saya yakin para pembaca memahami bahwa kondisi kita SETELAH PENEBUSAN berada di Point C
Sekarang kita akan memasuki ayat ayat
yang paling penting untuk menjawab ejekan Bagaimana
mungkin orang yang sudah mengalami penebusan
masi bisa melakukan dosa ?? melakukan kesalahan kesalahan.. ??
Yohanes 13:9 (TB) Kata Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan,
jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!"
Yohanes 13:10 (TB) Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah
mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih
seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua."
John 13:10 (NKJV) Jesus said to him, "He who is bathed needs only to wash his feet, but is completely clean; and you are clean, but not all of you."
ΙΩΑΝΝΗΝ 13:10 (GB) λεγει αυτω ο ιησους ο λελουμενος ου χρειαν εχει η τους ποδας νιψασθαι αλλ ( but ) εστιν (is) καθαρος (clean) ολος (wholly) και (and) υμεις (you all) καθαροι (clean) εστε (are) αλλ (but) ουχι (not) παντες (all)
Saya mengajak pembaca untuk
memperhatikan kalimat greek nya εστιν καθαρος ολος και υμεις καθαροι
εστε ini menunjukan
bahwa STATUS mereka saat itu di mata Allah adalah is completely clean; and you are clean (karena
ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih )
Bandingkan dengan
catatan berikut ini :
Yohanes 20:21 (TB) Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai
sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."
John 20:21 (NKJV) So Jesus said to them again, "Peace to you! As the Father has sent Me, I also send you."
Yohanes 20:22 (TB) Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh
Kudus.
John 20:22 (NKJV) And when He had said this, He breathed on them, and said to them, "Receive the Holy Spirit.
Yohanes 20:23 (TB) Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."
John 20:23 (NKJV) If you forgive the sins of any, they are forgiven them; if you retain the sins of any, they are retained."
Jadi untuk menjamin status kamu sudah bersih maka di berikan Roh Kudus sebagai jaminan
sekaligus meterai
Efesus 1:13 (TB) Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah
mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga,
ketika
kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh
Kudus, yang
dijanjikan-Nya itu.
Ephesians 1:13 (NKJV) In Him you also trusted, after you heard the word of truth, the gospel of your salvation; in whom also, having believed, you were sealed with the Holy Spirit of promise,
ΕΦΕΣΙΟΥΣ 1:13 (GB) εν ω και υμεις ακουσαντες τον λογον της αληθειας το ευαγγελιον της σωτηριας υμων εν ω και πιστευσαντες (having belived) εσφραγισθητε (you were sealed) τω (with) πνευματι (the Spirit) της επαγγελιας (of promise) τω αγιω (holy)
Tetapi… jangan lupa masi ada kalimat αλλ ουχι παντες (hanya tidak semua ) maka di sini letak Roh
Kudus itu akan bekerja dengan cara yang sama seperti Yesus saat di kandungan,
dalam pengertian menunjuk kepada mulai proses pengudusan sejak detik di
beritakan kehamilan Nya
Dan ini di kuatkan dengan ayat
sebagai berikut ini :
Efesus 1:14 (TB) Dan Roh Kudus
itu adalah jaminan
bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu
penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.
Ephesians 1:14 (NKJV) who is the guarantee of our inheritance until the redemption of the purchased possession, to the praise of His glory.
ΕΦΕΣΙΟΥΣ 1:14 (GB) ος (who) εστιν (is) αρραβων (the guarantee) της (of the) κληρονομιας (inheritance) ημων (of us) εις (to) απολυτρωσιν (the redemption) της of the) περιποιησεως (acquired possession) εις (to) επαινον (the promise) της (of the) δοξης (glory) αυτου of HIM)
Comments
Post a Comment